Sabtu, 18 April 2009

DEWAN PENGURUS KORPRI SERAHKAN SUMBANGAN PADA MASYARAKAT TERKENA MUSIBAH GALODO















Dewan Pengurus Provinsi beserta Dewan Pengurus Kabupaten/Kota Korpri se Sumatera Barat mengadakan kunjungan ke lokasi bencana alam (galodo) di Pasia Laweh Kab. Tanah Datar dan Canduang, Kab. Agam, Sabtu, 18 April 2009.

Rombongan dipimpin oleh Drs. H. Rusdi Lubis, M.Si, Ketua Dewan Provinsi Korpri Sumatera Barat, dan turut dalam rombongan yakni, Drs. H. Edi Warman (Sekretaris DPP Korpri Sumbar), Drs. Syafruddin (Sekretaris DPK Korpri Pesisir Selatan), Sekretaris DPK Korpri Solok Selatan, DPK Korpri Padang Pariaman, DPK Korpri Payakumbuh, dan DPK Padang yang dipimpin Hiptonius.

Di Batusangkar, rombongan diterima oleh Wakil Ketua DPK Korpri Tanah Datar, Ir. Syafrudin, yang juga sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Tanah Datar. Dalam sambutannya, Drs. H. Rusdi Lubis, M.Si, menjelaskan maksud tujuan kedatangan rombongan Dewan Pengurus Korpri se Sumatera Barat yakni untuk turut meringankan penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah pada Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Menurut Rusdi Lubis, kedatangan rombongan Korps Pegawai Negeri ini menunjukan misi korpri yang peduli pada lingkungannya dan turut berperanserta dalam pengabdiannya kepada masyarakat, terutama pada masyarakat yang tertimpa musibah.

Akibat dari musibah galodo ini telah menewaskan 1 orang,2 orang luka berat dan 2 orang luka ringan, 97 unit rumah rusak, serta 539 jiwa penduduk Sungai Tarab mengungsi pada tempat yang aman. Kerugian diperkirakan lebih kurang 170 milyar

Menurut laporan pada Posko Bencana Alam, bahwa kejadian ini sebelumnya pernah terjadi pada tahun 70-an. Karena pengalaman pada bencana alam sebelumnya, maka suara gemuruh yang terdengar oleh masyarakat tempat kejadian membuat masyarakat Pasie Laweh menyelamatkan diri pada daerah ketinggian. Dengan pengalaman kejadian sebelumnya musibah yang lebih buruk terhadap jiwa dapat dihindarkan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPP Korpri Sumatera Barat menyerahkan sumbangan dari anggota Korpri sebesar Rp. 17jt yang berasal dari DPP Korpri Sumbar, DPK Pesisir Selatan, Solok Selatan, Padang Pariaman, dan Payakumbuh. Belum termasuk sumbangan dari DPK Korpri Padang Rp. 4jt ditambah bantuan walikota Padang 100 sak semen, serta sumbangan dari DPK Tanah Datar sendiri. Drs H. Rusdi Lubis, M.Si menjelaskan bahwa bantuan atau sumbangan dari Dewan Pengurus Kabupaten/Kota lainnya ada yang telah disalurkan oleh pemerintah daerahnya masing-masing secara bersamaan, sehingga besarnya bantuan yang dibawa rombongan ini merupakan sumbangan anggota korpri yang baru saat ini dapat diserahkan. (AL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar