Jumat, 17 April 2009

DPP KORPRI SUMBAR KUNJUNGI LOKASI GALODO

Bencana Galodo melanda permukiman penduduk di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) Senin dini hari, akibat sarasa Gunung Merapi runtuh karena dua hari hujan berturut-turut mengguyur wilayah itu.

Bencana banjir bandang yang melanda Tanah Datar sejak Minggu 29 Maret 2009, mengakibatkan telaga-telaga kecil yang berada dipinggang gunung Merapi tak sanggup lagi menahan air hujan, sehingga bobol. Akibatnya air deras dan cukup besar mengalir melalui sungai kecil dan menuju muaranya di Batang Selo. Air bah ini membawa lumpur, pepohonan, bebatuan dan melanda rumah masyarakat sekitar pinggiran sungai sepanjang 30 KM.

Senin,30 Maret 2009, hujan yang mengguyur daerah Gunung Merapi khususnya Tanah Datar pada umumnya disertai bunyi gemuruh dari arah Kandang Malabuang di pinggang Gunung Merapi, bunyi gemuruh tersebut adalah dari suara bebatuan, kayu dan lumpur yang meluncur turun (bergelondongan) dihanyut air sepanjang aliran sungai., menghantam pemukiman pendudukyang tinggal di Pasie Laweh dan sekitarnya.

Bencana gelodo telah menyebabkan dua jembatan di Kecamatan Candung, Agam, roboh dan satu mussalah terbawa arus banjir bandang dari kawasan lereng gunung merapi itu. Dari dua lokasi kejadian bencana alam terebut tidak sedikit kerugian yang di alami oleh masyarakat kab. Tanah Datar dan Kab. Agam, baik kerugian jiwa maupun kehilangan harta benda.


Untuk menunjukan rasa prihatin dan ingin meringankan penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah ini, Dewan Pengurus Provinsi Korpri Sumatera Barat yang di pimpin oleh Drs. H. Rusdi Lubis, M.Si, bersama-sama dengan Dewan Pengurus Kabupaten/Kota Korpri se-Sumatera Barat akan melakukan kunjungan pada dua lokasi bencana tersebut.

Menurut Sekretaris DPP Korpri Sumbar, Drs. H. Edi Warman, kunjungan ini akan dilakukan pada hari Sabtu, 18 April 2009. Disamping itu, r0mbongan juga menyerahkan sumbangan yang telah dikumpulkan dari pegawai negeri yang tergabung dalam DPP Korpri Sumbar dan DP-Kab/Kota se Sumbar untuk diserahkan pada 2 kab yang terkena musibah melalui posko bencananya masing-masing.

Kunjungan dan penyerahan bantuan dari pegawai negeri ini menunjukan rasa peduli korpri terhadap masyarakat yang tertimpa musibah.
(AL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar